Flag Counter
0

Aidoru アイドル

Posted by Unknown on 08:33
Idola di Jepang (bahasa Jepang: aidoru アイドル) adalah artis terkenal yang dapat berkiprah dalam berbagai bidang, antara lain sebagai penyanyi, pemeran, tarento, atau seiyu. Istilah ini juga dipakai untuk sebagian penyanyi-pencipta lagu berusia muda yang memenuhi persyaratan untuk disebut idola. Istilah aidoru dikenal luas oleh orang Jepang sejak awal 1970-an setelah meluasnya penerimaan tayangan televisi berwarna.

Ada banyak kategori untuk idol,  Ada Idol, Idol Group, Virtual Idol dan untuk kategori yang dewasa ada Gravure Idol, dan Av idol. Untuk yang dua terakhir mimin tau banyak, kurang tau dan punya banyak gak punya koleksinya.

Pertama tama kita akan bahas idol, seperti yang sudah di jelaskan diatas Idol/aidoru adalah artis yang dapat berkiprah di berbagai bidang, tetapi pada tahun 1980 an idol hanya terbatas pada penyanyi, pada tahun 1990 an idol sudah tidak terbatas pada penyanyi lagi, tetapi mulai meluas ke iklan televisi, iklan majalah dan lain lain. 



Ada yang tau siapa dia? Yep dia Sato Takeru, dia adalah salah satu Idol di Jepang, selain seorang aktor Sato Takeru juga merupakan penyanyi solo, namun dia tidak begitu aktif. Beberapa film dan dorama yang pernah diperankan olehnya adalah  Kamen Rider Den-O (Yuya Okada), Kamen Rider Den-O: I'm Born (Ryotaro Nogami), Kamen Rider Den-O & Kiva: Climax Deka (Ryotaro Nogami), Kamen Rider Den-O: Final Countdown (Ryotaro Nogami), BECK: Mongolian Chop Squad (Yukio "Koyuki" Tanaka), Rurouni Kenshin (Himura Kenshin / Hitokiri Battōsai)

Selanjutnya Idol group, wadah bagi para remaja yang ingin menjadi idola, kemampuan mereka (dlm hal ini menyanyi, menari, akting, bertingkah-laku, dll) dilatih, diasah serta dikembangkan sedemikian rupa agar mereka bisa lebih percaya diri dlm dunia hiburan. Tentunya mereka juga nantinya akan tampil menyanyi dan menari serta mengeluarkan lagu2, tapi tidak hanya itu mereka juga akan dipromosikan oleh pihak manajemen agar kelak mereka bisa berdiri sendiri (solo karir, dsb). Bagi mereka yang dianggap sudah mampu mereka akan lulus (graduate) dari group tersebut dan akan digantikan dengan generasi berikutnya (mirip2 akademi deh). Namun Graduate tidak selalu karena mereka sukses, tp bisa karena beberapa hal, pertama karena umur mereka yang sudah mencapai batas maksimum sbg idol, lalu krn kasus & skandal, atau mereka lebih memilih meninggalkan group & fokus pada pendidikan. Berikut ada bererapa foto dari Idol group

 AKB48

Morning Musume

Nogizaka46

Yang terakhir adalah virtual idol. Seperti namanya Virtual Idol adalah Idola yang virtual, virtual idol bukan manusia hanya sebuah program, walaupun virtual bukan manusia, mereka tetap memiliki banyak fans yang mendukungnya. Berikut adalah Virtual Idol 






Miku Hatsune adalah contoh dari virtual idol yang sangat terkenal di dunia, pada dasarnya Miku adalah sebuah program computer yang dikembangkan oleh Yamaha Corporation pada tahun 2004. Pada tahun 2004 Yamaha Corporation mengembangkan sebuah program "singing synthesizer" yang diberi nama Vocaloid. Dengan cara memasukan lirik kedalam melodi dan lagu, yang kemudian program ini akan mampu untuk bernyanyi dengan suara sintetis. Pada tahun 2009, Miku konser live pertamanya dengan teknologi 3D hologram. Dan juga sama seperti artis lain, Miku juga menjadi bintang iklan untuk beberapa iklan perusahaan di TV. Video konser Miku Live in Tokyo





Yah sekian dari mimin, untuk dua Idol yang terakhir sengaja gak mimin bahas karna kurang tau dan belum cukup umur. Semoga bermanfaat, gomen kalo ada informasi yang salah :)
Jaa~

Source:   cloud-guild.blogspot.com
              id.wikipedia.org/wiki/Idola_Jepang
              bakaotakunoto.blogspot.com    
              id.wikipedia.org/wiki/Takeru_Sato


0 Comments

Posting Komentar

Entertainment blogs
KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia

Copyright © 2009 Jejepangann All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.